Selasa, Desember 09, 2008

Habis Sedih Terbitlah Gembira!

Ada seekor burung kenari, dia dipanggil Mein Canary. Sebenarnya itu bukan nama aslinya, seekor kura - kura memberikan nama itu kepadanya. Mein Canary bekerja di salah satu surat kabar di puncak pohon bernama Kata Waktu. Puncak pohon itu adalah pusat dari semua ranting yang tumbuh dan mencuat dari batang pohon.

Tugas utama Mein Canary adalah mengurus honor burung ranting yang mengirimkan berita dari ranting cabang ke ranting pusat. Ia sangat menikmati pekerjaannya dan hidup bahagia. Tetapi hari ini dia sedih, karena beberapa burung ranting cabang merasa tidak puas dengan pekerjaan yang telah dia lakukan dengan sepenuh hati. Ada yang bilang honor sering telat, ada yang bilang rekap berita sering tidak dikirimkan. Mein Canary sedih, sesedih sedihnya dan dia sangat ingin mereka tahu beberapa hal..

Tahukah mereka bahwa :

1. Dalam satu hari Mein Canary butuh waktu 4-5 jam hanya untuk input data honor hari itu

2. Apabila ada pekerjaan yang mendadak dan pekerjaan honor tertunda, ia harus mengerjakan honor tersebut keesokan harinya. Yang artinya 8 jam pekerjaan. Ini belum termasuk pekerjaan lain di luar pekerjaan honor tersebut

3. Apabila ada tanggal merah, contohnya libur lebaran selama seminggu. Pekerjaan Mein Canary tertumpuk.. Saat dia masuk, dia harus mengerjakan pekerjaan dua minggu (14 hari) dalam 5 (lima) hari kerja. Dengan perhitungan seperti berikut : 14 x 4 jam = 56 jam. Pekerjaan 56 jam harus dikerjakan dalam waktu 40 jam kerja. Masih ada sisa 16 jam.. belum termasuk pekerjaan di luar honor. Jadi, setelah libur panjang atau hari Senin (setelah Sabtu dan Minggu libur) dia pulang kantor minimal jam 8 malam..

4. Belum lagi apabila sistem error. Misalnya ketika pergantian sistem tahun 2007 ke 2008. Data honor yang telah diinput Mein Canary selama sebulan semua hilang. Dia harus menginput ulang semua data tersebut. Atau ketika jaringan server terputus dan dia tidak bisa membuat BK untuk dikirim ke keuangan selama seminggu seperti yang terjadi baru – baru ini.

5. Rekap honor dikirim secara manual. Artinya dia harus download data dari sistem, memindahkannya ke excel lalu copy paste ke email satu persatu. Mengirimkan rekap honor ke 50 lebih burung ranting daerah membutuhkan waktu minimal 5 jam. Dia berusaha mengirimkan rekap setidaknya sekali dalam sebulan, bila tidak sempat dia kirimkan dari kantor, dia mengirimkannya dari rumah atau warnet..

6. Jumlah burung ranting daerah selalu bertambah banyak waktu demi waktu. Jumlah berita yang dimuat juga bertambah dua kali lipat. Belum lagi ada beberapa ranting daerah yang memiliki koran sendiri. Jadi, berita yang diinput dan diproses juga bertambah banyak..

Mein Canary tidak merasa terpaksa mengerjakan semua pekerjaan di atas.. Sebaliknya, sampai saat ini dia masih menikmatinya.. Dan dia senang, induk semangnya di kantor sangat mendukungnya. Ia hanya ingin beberapa burung ranting daerah tahu, bahwa ia sudah berusaha bekerja sebaik – baiknya (menurut dirinya sendiri). Apabila pada kenyataannya, tidak sesuai dengan keinginan burung ranting daerah.. Ia minta maaf.. Ia sudah berusaha dan berusaha.. Dan ia sedang sedih saat ini mendengar perkataan beberapa pihak.. Ia sedih sekarang.. Namun ia yakin.. Besok atau lusa.. Dia akan kembali gembira.. Seperti kata pepatah (yang ia ciptakan sendiri), habis sedih terbitlah gembira.. Pasti!

Tidak ada komentar: