Kamis, April 11, 2013

The Best Cemilan Ever



Makaaaan.. Gw termasuk orang yang suka makan sering, sekali makan gak banyak tapi sering. Maka dari itu gw suka ngemil. Karena gw belum jago masak (CATAT! Belum ya! Hehehe), selama ini gw kebanyakan beli cemilan. Uhm.. Cemilan yang paling jago gw buat adalah kentang goreng. Haha.. Entah kenapa, gw emang suka banget kentang goreng, dimakan sambil nonton tipi or DVD, dicocol sama sambel n mayonnaise. Yuuuuummyyy.. 

Berikut ini adalah cemilan – cemilan yang paling gw suka sepanjang masa. Well, those cemilan never failed to make me happy :D

     1.  What? Takoyaki isi Beef Cheese
Where? Okirobox Gandaria City (persis depannya Lottemart)

Why?

Pertama kali liat Okirobox di Ganci langsung tertarik, soalnya warna stand-nya kuning ngejreng gitu. Cara masaknya pun unik, di tempat terbuka dan kita bisa liat seluruh proses pembuatan Takoyaki-nya, atau apapun yang mau kita pesen. Uhm, Takoyaki itu sebenernya jajanan pinggir jalan kalo di Jepang, tapi begitu dibawa ke Indonesia jadinya jajanan mall. Harganya sendiri gak begitu mahal si, Rp 18ribu untuk 4 buah takoyaki. Takoyaki bentuknya sedikit lebih kecil dari bola bilyard. Terbuat dari tepung, digoreng di wadah yang bentuknya bulet-bulet dengan isi daging sapi dan keju. Isinya sebenernya kita bisa milih, dari ayam dan sebenernya yang paling terkenal itu isi cumi-cumi. Cuma buat gw, isi beef and cheese adalah yang paling terenak. Takoyaki toppingnya dikasih saos sambel, mayonnaise, saos khas Jepang dan suwiran ikan yang buat gw bentuknya mirip kayak serbuk kayu. Cuma rasanya asli enak, ada sensasi pedas dari perpaduan saosnya, sensasi asam dari mayonnaise, sensasi rasa ikan dari “serbuk kayu” itu, perpaduan daging sapi dan keju yang menggoda iman. Enaaak..


      2.       What? Klapertaart
Where? Restaurant Seribu Rasa, Gandaria City 

Why?
Sebenernya gw gak gitu suka klapertaart, buat gw aneh dan eneg banget desert kok pake potongan kelapa. Gw pertama kali nyoba klapertaart itu di Chicken Story Plaza Semanggi, dan rasanya gak enak, abis itu gw gak mau lagi makan dessert ini. Sampai suatu hari, ketika gw menghadiri makan malam jamuan kantor, karena gratis yah, dipesenin ya gw manut aja.. Hehehe.. Akhirnya gw makanlah klapertaart ini, dan ternyata, mengejutkan! Enak bangeeeet! Gak bikin eneg kayak biasanya, rasanya seger banget. Mungkin juga karena disajikan dengan porsi kecil (setengah gelas). Walaupun gw udah kekenyangan makan banyak, gw tetep sanggup menghabiskan klapertaart di Restaurant Seribu Rasa ini. Selain itu Seribu Rasa tempatnya cozy banget, tenang, aromanya kayak tempat spa. Oke deh pokoknya. Oia, klapertaartnya ada 3 rasa : pistachio, rum raisin or vanilla, buat gw semua enak.

      3.       What? Kue Pisang
Where? Tukang kue betawi terdekat
 Why?
Yes, kue pisang never failed me! Dari gw beli di pinggiran jalan, tempat nasi uduk betawi sampe buatan Ibu gw tercinta, kue pisang selalu enak buat gw. Kalaupun dijual harganya paling Rp 500, tapi gak kalah deh ama klapertaart Seribu Rasa. Hehehe.. Lapisan tepung hun kwenya yang diisi pisang segar, dibungkus daun pisang lalu dikukus. Enak dimakan panas-panas setelah matang, ataupun kalau sudah dingin. Asal gak dimasukkin ke kulkas aja, soalnya musti dipanasin dulu biar empuk.

      4.       What? Richeese Nabati
Where? Warung atau minimarket terdekat

Why?
Wafer! Sebenernya gw kurang suka wafer, apalagi wafer yang rasanya coklat. Entah kenapa, gw emang gak gitu suka makanan  yang rasanya coklat (kecuali brownies). Roti rasa coklat, pisang goreng coklat, buat gw rasanya kurang enak. Wafer dan jajanan warung gw juga gak gitu suka. Kecuali Richeese Nabati tentunyaaaa.. (kayak iklan ni, hehehe..). Wafer ini panjangnya dua kali wafer biasa, jadi lebih banyak.. :D Rasa kejunya gak terkesan palsu seperti jajanan ala kadarnya lainnya.. Gak blenger kalo dimakan banyak – banyak.. Enak dan ringan deh pokoknya. Cobain deh..

      5.       What? Jamur Enoki Goreng
Where? Ta Wan FX Mall Sudirman
Why?
Kalo ke Ta Wan gw biasanya pesen bubur, soalnya bubur di Ta Wan itu enak banget dan gak mahal. Gak banyak santennya kalo menurut gw dan agak lebih cair, cocok ama selera gw. Tapi sekarang kita gak lagi ngomongin makanan berat, tapi cemilan. Jamur enoki goreng! Yup, fried mushroom di Ta Wan itu enak banget, cocok untuk orang yang suka cemilan asin. Jamurnya tuh ya, pipih-pipih.. #Eaaaa. Bentuknya panjang-panjang kayak mie, dibungkus tepung dan ditaburin rempah-rempah ples garam yang bikin tambah asin. Porsinya banyak, bisa dimakan berdua or bertiga. Menu ini diperkenalkan oleh sahabat gw, Lira yang demen cemilan asin juga.

     6.       What? Fried Mozarella Cheese
Where? Bibliotheque, Sampoerna Strategic Square, Sudirman

Why?
Keju lagi, keju lagi. Gw emang suka banget makanan olahan keju. Dan mozzarella cheese goreng ini memang juara yang jos gandos. Keju mozarellanya dibungkus tepung dan digoreng, dan hasilnya.. Uuuuuuu.. Enak banget! Tapi cemilan ini musti dimakan panas – panas, soalnya kalo dingin kurang enak. Mending kalo dingin, digoreng lagi pake api sedang dan jangan lama – lama biar kejunya gak melted.




     7.       What? Otak – otak goreng
Where? Tukang sayur terdekat

Why?
Tau otak – otak kan? Tapi bukan otak-otak yang dibakar kayak pejual gerobak pinggir jalan, tapi yang digoreng. Bentuknya 3 kali lebih besar dari yang dibakar. Biasanya dijual di pasar atau tukang sayur. Gw suka banget otak – otak ini. Dijual mentah, jadi kita musti goreng sendiri di rumah. Sebelum beli, jangan lupa dicium (otak-otaknya ya, bukan penjualnya.. ) dan diperiksa dulu buat mastiin otak-otaknya masih seger dan baru. Setelah digoreng, bisa dicocol dengan sambel dan atau mayonnaise.


     8.       What? Salad Buah
Where? Restaurant Beautika, Hang Lekir
Why?
Waaaaa.. I never enough of eating salad buah-nya Beautika. Ngebayanginnya aja udah bikin semangat. Salad buah Beautika itu hitz banget! Paling bawah ditaro banyak macam buah-buahan segar (peach, cherry dll) yang udah dicampur saus salad yang sepertinya dicampur cream cheese (please forgive me if I am wrong, gw gak pernah bisa berpikir jernih kalo makan salad ini, selalu kalap untuk ngabisin). Di paling atas ditarolah parutan keju yang berlimpah. Dijamin kenyang abis makan salad ini, makanya gw saranin makan salad ini kalo dah selesai makan aja di Beautika. Makan sedikit, terus sisanya bawa pulang deh makanin di rumah. 


      9.       What? Ice Cream Sandwich Binggrae
Where? Lottemart

Why?
Hampir semua orang pasti suka es krim, dan eskrim favorit gw adalah Ice Cream Sandwich dari es krim Korea merk Binggrae. Biasanya gw beli di Lottemart, eskrimnya rasa Vanilla dan dibungkus sama cake rasa keju. Uuuuuuhm.. enak banget! Seger dan gak bikin mahteh.










 10.   What? Kentang goreng yang digoreng sendiri
Where? At my own home

Why?
Seperti yang gw bilang di awal tadi, gw paling suka makan kentang goreng. Tapi bukan kentang goreng masak yang dijual di restoran cepat saji, gw lebih suka yang gw goreng sendiri. Baik dari yang bentuk kentang utuh mentah, gw kupas, potong dan goreng sendiri. Sampe kentang goreng beku yang siap goreng. Itu udah enak banget buat gw. Tinggal tambahin garam pas udah matang, atau beli bubuk rasa untuk kentang goreng. Yang ada rasa keju, barbeque dll. Secara gw cheese lover, gw suka yang rasa keju. Dicocol dengan sambel or mayonnaise. Surga dunia!

Well, that’s al cemilan favorit gw sepanjang masa, once again, they never failed me to make me happy.. Cheeers.. :D

Picture History
Takoyaki Okirobox : http://www.bakerymagazine.com/2011/09/16/okirobox/









Kentang goreng : http://kaifatamala.blogspot.com/2012/05/kentang-goreng.html

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Boleh juga neh, menambah perbendaharaan cemilan gw ;)

Na_Indonesiana mengatakan...

Silahkeeeun.. Met cemal cemil yah..