Selasa, Agustus 19, 2008

Hey Merdeka!

Hey.. Hari ini tanggal 17 Agustus 2008! Selamat merayakan hari kemerdekaan ke 63 tahun semuanya..

Seharian nonton tv, hampir semua channel tv nyiarin acara yang berbau2 kemerdekaan atau perjuangan. Dari acara gossip, berita ampe iklannya pun berbau2 hal tersebut. Dan yang paling menarik perhatian gw adalah iklan.

Iklan sekarang bener2 kreatip. Yang paling bikin gw kagum itu iklan rokok. Walaupun cuma muncul di malam hari, tapi iklan rokok selalu menarik perhatian gw. Alasannya, entah karena peraturan pemerintah atau apa iklan rokok sama sekali ga ada yang memperlihatkan fisik rokok itu sendiri atau adegan orang sedang merokok. Dari yang cuma berisi kata2 sampe adegan cowok naik kuda (kalo yang ini si lumayan tebel benang merahnya).

Dan sekarang, di hari kemerdekaan ini (ceilah..), gw melihat banyak banget iklan2 tentang kemerdekaan. Sponsornya mulai dari perusahaan rokok, mie instant, politisi dan SBY pun bikin iklan (tapi atas nama partainya).

Ada dua iklan yang paling gw suka, satu iklannya Djarum Super. Menurut pengamatan gw tiap tahun ni perusahaan selalu bikin iklan tentang kemerdekaan dan tahun ini iklan mereka adalah yang paling gw suka. Isinya tentang seorang anak kecil yang berjuang untuk nyampe ke sekolahnya. Dimulai dengan adegan anak tersebut bangun pagi2 banget, bahkan sebelum matahari mulai terbit. Buat mandipun dia meski kerja keras nimba dulu.. (Jadi ga enak gw yang mandinya suka lama dan cenderung boros air). Setelah mandi dan pake baju seragam yang udah digosok ibunya pake setrikaan arang, dia bantuin ibunya nyiapin dagangan ke pasar. Setelah itu, pake sepeda ontel dia pergi ke sekolahnya di tengah kota. Sepedanya tampak mencolok diantara mobil2 dan suasana kota yang cukup modern. Dia melewati jalan raya besar, rel kereta api dan sampailah di perempatan jalan yang cukup padat. Dia ngeliat ibu2, naik sepeda juga yang diserempet ama pengendara motor yang ngebut. Dagangan si ibu tumpah semua. Dia langsung nolong, ada dua orang lain juga yang nolongin si ibu, bapak2 dengan seragam pegawai negeri dan cewek yang sepertinya mahasiswa. Setelah itu anak tersebut langsung ngebut naik sepeda menuju sekolahnya.

Adegan selanjutnya, yang merupakan adegan terakhir adalah upacara bendera di sekolahnya. Semua murid dengan khusuk hormat ke bendera merah putih yang dikibarkan termasuk anak tersebut. Tapi ketika disorot lebih jauh, anak tersebut hormat dari luar gerbang sekolahnya dengan khusuk juga dan nafas yang terengah2. Sumpah.. ni anak wajahnya tabah banget dan ga bikin kita kasihan atau trenyuh. Gw malah ngerasa salut banget ama ni anak dengan semua perjuangan yang udah dia lakukan dari pagi2 buta sampai tiba di sekolahnya. Gw jadi malu ama diri sendiri yang sering bersungut2 kalo adek gw ga mau nganterin karena gw kesiangan gara2 males bangun pagi n kesiangan.. Hehe.. Slogannya juga bagus, kalo ga salah bunyinya begini “Kemerdekaan adalah kesungguhan untuk melaksanakan suara hati”.

Iklan lain yang gw juga suka dalah iklan tentang kemerdekaan dari salah satu partai yang disingkat PKS. Iklannya simple cuma beberapa orang yang mendefinisikan apa itu suara hati buat mereka. Tapi kata2nya bagus banget, dan menurut gw orang2 yang mendefinisikan kemerdekaan itu bener2 tulus dari hati mereka.. Jeda dari satu frame ke frame lain juga bagus dan menarik. Penampilan orang2 di iklan tersebut juga ‘megang’ banget!!
Ada yang bilang merdeka itu vocal tapi bertanggung jawab, membela Negara, bermanfaat bagi orang lain. Slogan partai itu juga bagus kalo ga salah “bersih, jujur dan professional”. Simple, tapi ga ngoyo ataupun mengada2.

Sekali lagi, dua iklan itu paling gw suka. Dibandingkan dengan iklan2 beberapa politisi yang keliatannya Cuma untuk membesarkan nama mereka, bukan memberi masukan atau semangat baru buat masyarakat dalam mengisi kemerdekaan yang udah mulai kabur maknanya. Ada yang mengaku2 sebagai wakil dari suara petani Indonesia, tapi gw ragu apa dia pernah bener2 merasakan jadi petani atau kerjanya Cuma “meninjau” petani doang.. Ada juga yang isinya Cuma adegan dia senyam-senyum, salaman ama orang kecil, ngobrol ama anak muda. Dll…dll.. Ga makna banget de..

Hm.. makna kemerdekaan itu sendiri buat gw adalah kemerdekaan jadi diri sendiri tapi bertanggung jawab. Kita bisa menikmati jadi diri kita sendiri, mengekspresikan diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain. Kita juga bisa bahagia jadi diri sendiri dan juga bisa membahagiakan orang di sekitar kita.
Kemerdekaan itu.. adalah sebuah keadaan yang kita ciptakan sendiri..

2 komentar:

Ulfah Mutiah Hizma mengatakan...

Merdeka!! iklan rokok emang paling kreatif and ngena dibanding iklan2 laen. Adegan anak kecil yang berjuang dari pagi buta demi memberikan penghormatan pada sang saka merah putih membuat gw hampir menitikan air mata, bener2 terenyuh padahal tiap tgl 17 agustus gw tetap bangun siang he he he lam kenal yah....

Na_Indonesiana mengatakan...

Semangaaat.. Yang penting niat dulu.. ^_^